rajapress
Wapres Ma’ruf Amin Ungkap Tantangan Pengembangan Ekonomi dan Keuangan Syariah

Wapres Ma’ruf Amin Ungkap Tantangan Pengembangan Ekonomi dan Keuangan Syariah

28 Apr 2021
1281x
 | Ditulis oleh : Admin

Wakil Presiden Ma’ruf Amin mengatakan, pemerintah melalui Komite Nasional Ekonomi dan Keuangan Syariah (KNEKS) sedang fokus pada pengembangan ekonomi dan keuangan syariah. Namun dalam proses mencapai target tersebut terdapat beberapa tantangan yang dihadapi.

Salah satunya literasi ekonomi dan keuangan syariah yang masih rendah. Untuk itu, Pemerintah berkomitmen akan meningkatkan pemahaman ekonomi dan keuangan syariah.

“Literasi ekonomi syariah ini masih rendah jika dibandingkan dengan fokus-fokus tadi. Karena itu, pemahaman ekonomi dan keuangan syariah pastinya akan kita tingkatkan,” ujarnya dalam keterangannya dilansir Okezone, Selasa (27/4/20210).

Wapres menjelaskan, literasi ekonomi syariah penting untuk diberikan melalui berbagai Perguruan Tinggi dan Pendidikan-pendidikan lainnya. Sehingga harapannya bisa betul-betul terbangun sumber daya manusia yang paham dan menguasai tentang ekonomi dan keuangan syariah.

“Jadi yang betul-betul terbangun sebagai sumber daya manusia yang paham betul, yang menguasai secara utuh tentang keuangan Syariah, tentang industri halal, ini baru kita bangun belakang ini kita usahakan melalui berbagai perguruan tinggi dan pendidikan-pendidikan lainya. Itu beberapa hal yang menurut saya penting,” jelasnya.

Selain itu lanjut Wapres, literasi ekonomi syariah juga diberikan untuk membangun, mengedukasi, mensosialisasikan melalui berbagai saluran. Dari mulai KNEKS, Lembaga dan Mitra-mitra kerja KNEKS.

“Baik melalui komite ekonomi dan keuangan syariah yang kita bangun, melalui mitra-mitra kerja daripada komite nasional ini, dan ada pula beberapa lembaga seperti MES [Masyarakat Ekonomi Syariah], ini juga nanti akan berperan dalam mengembangkan literasi, yang paling kuat itu ada IAEI (Ikatan Ahli Ekonomi Islam),” jelasnya.

Tak hanya itu lanjut Wapres, peran e-commerce juga perlu untuk dilibatkan dalam mengedukasi. Di samping itu juga, e-commerce bisa berguna untuk memasarkan produk-produk halal.

“Kemudian juga berbagai keterlibatan daripada e-commerce. Berbagai e-commerce sudah ikut mengedukasi, disamping juga dia berperan sebagai jaringan daripada pemasaran produk-produk halal,” jelasnya.

Lebih jauh Wapres menambahkan, jaringan organisasi masyarakat Islam seperti NU, Muhammadiyah dan Pondok Pesantren pun ikut andil dalam upaya-upaya pengembangan sosialisasi dan literasi ekonomi syariah.

“Jaringan ormas-ormas (organisasi masyarakat) Islam seperti NU dan Muhammadiyah juga terlibat. Kemudian dunia pesantren. Mereka yang berada di pesantren sudah mulai lakukan upaya-upaya karena kita harapkan di pesantren itu juga berkembang pembelajaran di sektor keuangan maupun sektor riil,” kata Wapres.(hajinews)

Baca Juga:
4 Khasiat Membaca Surat An Nas dan Al Falaq Beserta Cara Mengamalkannya

4 Khasiat Membaca Surat An Nas dan Al Falaq Beserta Cara Mengamalkannya

Tips      

23 Sep 2021 | 1183


Surat Al Falaq merupakan surat ke-113 dalam Al Quran, sedangkan surat An Nas merupakan surat ke-144. Surat An Nas dan Al Falaq terdapat dalam juz 30 dan kedua surat ini tergolong kedalam ...

Donasi untuk Mereka yang Paling Membutuhkan

Donasi untuk Mereka yang Paling Membutuhkan

Nasional      

3 Apr 2021 | 1016


Donasi Indonesia adalah salah satu penggalangan dana yang biasa dilakukan oleh salah satu pihak untuk membantu orang–orang yang sedang membutuhkan uluran tangan. Donasi online sendiri ...

Cara Sewa Alphard Jakarta Menjadi Solusi Serba Praktis untuk Kenyamanan dan Citra Mewah

Cara Sewa Alphard Jakarta Menjadi Solusi Serba Praktis untuk Kenyamanan dan Citra Mewah

Pariwisata      

22 Jul 2023 | 4585


Apakah Anda berencana untuk liburan atau acara penting di Jakarta yang membutuhkan kendaraan mewah? Jika itu benar,  maka Anda sudah benar baca artikel ini. Banyak orang yang bermimpi ...

Intip 5 Pola Hidup Sehat Ala Rasulullah

Intip 5 Pola Hidup Sehat Ala Rasulullah

Nasional      

4 Jun 2020 | 1250


Setiap manusia pastilah mengharapkan tubuh yang sehat dan jauh dari kata sakit. Namun, perlu kita sadari untuk mendapatkan hal tersebut tentulah manusia harus menerapkan pola hidup yang ...

Cara Membersihkan Komedo Sendiri Tanpa Facial, Dijamin Efektif!

Cara Membersihkan Komedo Sendiri Tanpa Facial, Dijamin Efektif!

Kecantikan      

3 Jun 2020 | 1606


Bagi kaum hawa, komedo merupakan hal yang mengganggu di wajah, membuat penampilan menjadi kurang menarik dan menurunkan kepercayaan diri. Banyak yang memilih cara membersihkan komedo dengan ...

Hidup Sehat dengan Mengkonsumsi Sayur Pakcoy

Hidup Sehat dengan Mengkonsumsi Sayur Pakcoy

Tips      

9 Okt 2020 | 938


Untuk memulai hidup sehat memang kita harus mulai dari makanan yang kita makan sehari-hari. Itu memang tidak salah karena kesehatan kita sangat ditentukan oleh apa yang kita makan selama ...